Ragam Manfaat Baby Spa Untuk Si Kecil Ala SehatQ.com



Spa menjadi kegiatan yang nyaman sekali dilakukan untuk relaksasi tubuh. Mom and Baby juga harus tahu spa tidak hanya bisa dilakukan oleh orang dewasa saja. Baby juga memerlukan spa untuk rileksasi pada tubuh bayi. Jangan sekedar mengikuti trend saja. Bunda juga harus tahu, manfaat pentingnya baby spa pada tubuh si kecil. Untuk lebih jelasnya, simak ulasannya!


Bagaimana Proses Terapi Pijat pada Bayi?


Sebelum Bunda mengetahui ragam manfaat yang bisa dirasakan baby ketika baby spa. Bunda harus mengetahui terlebih dahulu, apa saja proses dari baby spa itu sendiri, diantaranya yaitu,  Hidroterapi dan Pijat Bayi Hidroterapi adalah terapi air. Melalui hidroterapi ini,  bayi nantinya akan berenang di kolam. Tentunya dilengkapi dengan baby buoy untuk pengaman bayi.


Sedangkan proses pemijatan bayi merupakan proses pemijatan sebelum hidroterapi. Mom and baby juga bisa melakukan proses pijat ini di rumah dan tidak harus di tempat spa. Gerakan pijat ini dilakukan dengan memegang, menggerakkan,atau memberikan tekanan pada tubuh bayi dengan pelan dan lembut. Pijatan ini dilakukan berulang selama 10-15 menit. 


Manfaat Terapi Pijat Untuk Bayi


Terapi pijat untuk  bayi bisa memberikan manfaat perkembangan motorik pada bayi maksimal, dikarenakan usia 0-1 tahun merupaka usia emas dimana motorik kasar dan halus bayi berkembang. Pada fase ini, bayi mulai mengenal fase belajar, seperti telungkup, merangkak, duduk hingga berdiri. Metode hidroterapi tadi diharapkan dapat mengoptimalkan motorik bayi. 


Tak hanya mengoptimalkan motorik bayi saja, hidroterapi juga bisa menstimulasi otot bayi agar lebih kuat. Menurut Review SehatQ.com, bayi yang menjalani proses hidroterapi terbukti dapat berjalan lebih cepat. Hal tersebut dikarenakan lebih terlatihnya otot pada kaki karena bayi sering melakukan terapi seperti hidroterapi ini. 

Kemudian, pijatan pada bayi juga bisa membuatnya lebih rileks, sehingga berdampak pada jam tidur bayi. 


Menurut penelitan Complementary Therapies in Clinical Practice menyebutkan, bahwa, orang tua yang melakukan pijatan pada bayi prematur hingga bayi berusia 8 bulan, mengakibatkan jam tidur bayi lebih berkualitas, dan bayi jarang terbangun saat tidur. 


Hidroterapi dan pijatan pada bayi juga bisa meningkatkan berat badan pada bayi. Pasalnya spa pada bayi dapat membantu meningkatkan nafsu makan. Sejumlah artikel menyebutkan, pijat bayi berpengaruh pada peningkatan kerja sistem saraf vagal dan pergerakan lambung untuk penyerapan nutrisi lebih efisien, sehingga meningkatkan nafau makan pada bayi.


 

Uniknya, jika mom and baby melakukan pijatan di rumah dengan menggunakan minyak coconut oil, atau sunflower oil juga bisa memberikan dampak positif untuk pencernaan si kecil. Hal tersebut diterangkan oleh ahli, karena proses dari penyerapan minyak ke permukaan kulit saat Bunda melakukan sentuhan atau tekanan pada kulit bayi.

 

Tips Membawa Bayi ke Baby Spa


Para Bunda juga harus memperhatikan beberapa tips ketika ingin membawa bayi ke tempat spa, agar perawatan pijat pada bayi lebih optimal. Hal pertama yang harus Bunda perhatikan yaitu, pastikan bayi dalam keadaan perut kenyang serta tidak mengantuk ketika akan dipijat. Bunda juga jangan memaksa melakukan rangkaian terapi jika bayi dalam keadaan rewel.


Bunda juga harus mencari tahu seputar informasi tenpat baby spa yang ingin Bunda kunjungi. Bunda juga harus bisa memastikan apakah terapis yang akan melakukan pijatan pada bayi sudah tersertifikasi atau belum. Perhatikan juga kebersihan pada lingkungan spa. Bunda juga harus mengetahui apakah kolam yang digunakan spa bersifat private bersama dengan bayi lainnya.

 

Itu tadi beberapa manfaat dan tips seputar baby spa. Kegiatan terapi pijat pada bayi sebenarnya bisa Bunda lakukan sendiri di rumah. Terlepas Bunda bisa memilih untuk melakukan terapi ini sendiri di rumah atau membawanya ke tempat spa, yang terpenting adalah, cara untuk melakukan terapi ini harus benar, agar ragam manfaat tadi bisa tercapai dengan optimal. 


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.