Cara Mengeringkan HP Kena Air karena Banjir dan Hal yang Perlu Dihindari

 


Saat ini banjir tengah merendam beberapa titik di Indonesia khususnya wilayah Ibu Kota. Akibatnya, tidak sedikit harta benda yang hilang atau rusak akibat terendam air, contohnya handphone. Lalu, bagaiamana cara mengeringkan HP yang terkena air karena banjir?

Meskipun kini sudah cukup banyak handphone yang dibuat anti air, tapi tetap saja daya tahan mereka terendam dengan air penuh lumpur memiliki batas toleransi. Berikut cara mengeringkan HP kena air karena banjir. 

1. Matikan Handphone

Apabila melihat handphone terendam air maka segera angkat dan matikan, karena perbedaan beberapa detik saja dapat menentukan hidup-mati handphone kedepannya. Segera matikan handphone untuk menghindari korsleting.

2. Lepaskan Case Handphone, Baterai dan Bagian Lain

Lepaskan case handphone lalu keluarkan baterai (jika handphone model lama), kartu SIM, MicroSD dan aksesoris yang menempel. Jangan pernah dipasang lagi apabila komponen-komponen handphone masih belum benar-benar kering.

3. Keringkan dengan Kain

Keringkan bagian-bagian yang masih menempel di handphone serta bagian yang sudah terlepas. Untuk hasil maksimal, gunakan alat penyedot debu untuk mengeringkan celah-celah. Jangan goyang-goyang handphone saat mengeringkan, supaya air tidak bergerak kesana kemari.

4. Rendam dengan Beras atau Silica Gel

Cara yang banyak dilakukan selama ini adalah memasukkan handphone dalam beras dan membiarkannya selama semalaman atau lebih. Namun cara ini akan lebih efektif dengan menggunakan silica gel. Masukan handphone dengan silica gel ke tempat yang tertutup rapat, diamkan dalam beberapa hari. Supaya lebih efektif, putar posisi handphone beberapa jam sekali.

5. Coba Nyalakan Handphone

Usai merendam handphone dengan beras atau silica gel, kini baterai dan aksesoris dapat dipasang kembali. Namun pastikan sekali lagi bahwa perangkat sudah benar-benar kering. Coba nyalakan handphone, apabila tetap tidak menyala padahal sudah benar-benar kering coba hubungkan ke charger. Apabila handphone menyala berarti baterai rusak dan harus diganti

Hal yang Perlu Dihindari

Jangan gunakan pengering rambut (hair dryer) atau benda apapun yang bersifat meniupkan angin untuk mengeringkan handphone, karena tiupan itu justru akan mendorong air lebih jauh ke dalam handphone dan berpotensi memperparah kerusakan.

Jika Langkah-langkah di atas belum behasil, coba bawa handphone Anda ke tempat servis professional dan jangan coba membongkar sendiri karena justru dapat meningkatkan risiko kerusakan handphone.

Nah, itu tadi cara mengeringkan HP yang terendam banjir dan hal-hal yang perlu dihindari. Cukup mudah dilakukan bukan?

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.