Waspada Pada 4 Penyakit ini, Konsultasikan Masalah Sejak Dini dengan SehatQ.com


Penyakit bisa datang kapanpun dan di manapun, untuk itu saat terjadi suatu masalah terkait kondisi kesehatan segeralah melakukan pemeriksaan. Tujuannya agar tidak sampai menjadi penyakit yang parah. Saat telah hadir, SehatQ yang menyediakan layanan konsultasi via online. Caranya cukup untuk Cari Dokter dengan membuka www.sehatq.com dan konsultasikan keluhan Anda.


Apa Saja Penyakit Saluran Kemih?


Jenis penyakit yang bisa menimpa manusia jumlahnya sangat banyak sekali. Kali ini, akan dibahas tentang jenis-jenis penyakit saluran kemih. Penyakit ini akan ditangani oleh seorang Dokter Urologi.  Berikut adalah beberapa jenis penyakitnya:


1. Kanker Ginjal


Seperti yang anda tahu, Kanker ginjal adalah salah satu jenis kanker yang ada pada ginjal manusia. Peran ginjal pada tubuh manusia sangat krusial sekali, yaitu untuk melakukan penyaringan kotoran dalam darah dan membuangnya dalam bentuk urine. Pada tubuh manusia terdapat 2 buah ginjal yang terletak pada punggung bagian bawah, lebih tepatnya di pada bagian tulang rusuk.


Penyakit ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, yaitu diantaranya adalah hipertensi, obesitas, merokok, atau riwayat keluarga. Menurut dokter Urologi, kanker ginjal dimulai saat DNA yang terdapat di dalam sel ginjal melakukan mutasi.  Halini Mengakibatnya, sel ginjal pada tumbuh tidak normal dan parahnya akan membentuk tumor.

Gejala dari penyakit Kanker Ginjal ini adalah demam, keluar keringat pada malam hari, anemia, hipertensi, dan penurunan berat badan. Biasanya, gejala nya juga diikuti dengan rasa nyeri pada punggung bawah. Jika mengalami hal-hal seperti demikian segeralah lakukan pemeriksaan.


2. Batu Ginjal


Penyakit kedua yang menyerang sistem saluran kemih adalah batu ginjal. Batu ginjal merupakan penyakit yang berasal dari pembentukan materi keras seperti batu. Materi tersebut terbentuk dari mineral dan garam yang terdapat di dalam ginjal. 

Pemicu dari penyakit salah satunya adalah kurang minum air putih, obesitas atau berat badan berlebih dan efek samping operasi organ pencernaan. Jenis batu ginjal ada empat, yaitu diantaranya adalah batu asam urat, batu sistin, batu struvit dan batu kalsium. Beberapa gejalanya adalah seperti sering buang air kecil dengan jumlah sedikit dan sakit saat buang air.


3. Kanker Prostat


Penyakit yang berikutnya adalah kanker prostat. Kanker Prostat ini hanya akan terjadi pada laki-laki, dan biasanya terjadi pada mereka yang berusia di atas 65 tahun. Kanker prostat ini merupakan penyakit nomor dua yang banyak diderita oleh orang Indonesia. Berdasarkan beberapa kasus, kanker Prostat ini banyak menyerang orang-orang yang sering mengkonsumsi rokok.

Adanya mutasi genetic pada sel di kelenjar prostat memicu adanya kanker, hampir seperti kanker ginjal. Penyebabnya masih belum diketahui dengan pasti, namun salah satu yang bisa dianggap sebagai penyebab adalah faktor pertambahan usia dan menderita obesitas. Pola makan yang kurang sehat juga bisa menjadi salah penyebabnya.


4. Kanker Kantung Kemih


Kanker ini bisa muncul pada lapisan epitel yang terdapat pada kandung kemih. Nama lain dari kanker ini adalah urotelium. Awal dari kanker ini ditandai dengan adanya pertumbuhan sel yang tidak normal dan tidak terkendali yang terjadi pada kandung kemih.

Salah satu gejala yang paling sering di alami kanker kandung kemih adalah darah pada urin, yang juga dikenal dengan nama haematuria. Beberapa kasus yang pernah terjadi, darah tersebut terlihat dengan jelas dengan mata telanjang, terjadi beberapa kali, dan biasanya tanpa nyeri. 


Itulah tadi sedikit gambaran tentang beberapa penyakit yang menyerang saluran kemih. Masih banyak lagi sebenarnya penyakit yang lain, Anda bisa mencari tahu semuanya melalui www.sehatq.com. Disana Anda bisa langsung berkonsultasi dengan dokter Urologi yang memang fokus untuk menangani penyakit yang menyerang saluran kemih.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.