STOP! Jangan Konsumsi Ikan Kakatua, Ini Alasannya

Pernah mendengar atau menyantap ikan kakatua? Ikan kakatua atau parrot fish adalah ikan dari keluarga scaridae yang populer dikonsumsi di Indonesia. Ada beberapa spesies ikan yang disebut dengan nama ini. Misalnya blue parrot fish, green humphead parrot fish, rainbow parrot fish, stoplight parrot fish, dan scarus.

Ikan ini memiliki penampilan yang cantik seperti ikan hias. Tak banyak yang tahu kalau para peneliti menganjurkan agar ikan ini tidak dimakan. Padahal ikan kakatua memiliki kandungan nutrisi yang cukup baik. Apakah penyebabnya lantaran ikan ini terlalu cantik untuk disantap saja?

Ikan Kakatua Penjaga Ekosistem Laut

ilustrasi ikan kakatua

©Creative Commons/Derek Keats

Parrot fish atau ikan kakatua termasuk spesies ikan penjaga ekosistem laut. Sebagian ikan kakatua menyantap alga yang menempel pada terumbu karang. Populasi alga yang tak terkendali bisa menyebabkan kematian terumbu karang. Tentunya hal ini bisa membahayakan keberlangsungan ekosistem laut. Terumbu karang bisa lestari jika populasi ikan kakatua yang memakannya mencukupi.

Mengenal si Cantik Ikan kakatua

ilustrasi ikan kakatua

©Creative Commons/Adona9

Ikan kakatua atau parrot fish merupakan kelompok besar spesies ikan laut yang menghuni perairan dangkal tropis dan subtropis di seluruh dunia. Mereka hidup di terumbu karang, pantai karang, dan padang lamun. Biasanya ikan ini berwarna putih, hijau, atau biru dengan motif hijau yang cantik. Sementara kepalanya agak bulat mirip burung kakatua.

Sebagai sumber protein hewani, ikan kakatua cenderung rendah lemak. Selain itu, dagingnya lembut dan cukup padat. Sementara rasanya yang gurih membuat ikan ini cocok untuk berbagai jenis masakan. Selain itu, limbah sisik ikan kakatua juga bisa diolah menjadi gelatin untuk bahan baku kapsul obat dan suplemen kecantikan.

Kata Susi Pudjiastuti Soal Konsumsi Ikan Kakatua

susi pudjiastuti 039lulus039 sma karena anies baswedan

©2020YouTube Metrotvnews

Beberapa waktu lalu, sebuah akun fess di Twitter mempertanyakan soal penjualan dan konsumsi ikan kakatua yang masih marak di tanah air.

"Anf! Ikan ini boleh dikonsumsi gak sih? Aku baca katanya udah gak boleh, tapi di pasaran masih banyak yang jual," tanya @animalfess2.

Mantan Menteri Perikanan dan Kelautan, Susi Pudjiastuti langsung memberikan pendapat. Perempuan yang juga dikenal sebagai aktivis kelestarian laut Indonesia itu mengatakan kalau ikan kakatua sebaiknya dijadikan opsi terakhir jika ikan laut jenis lain yang populasinya berlimpah tidak tersedia.

"Kalau adanya ikan ini ya apa boleh buat..tapi kalau ada jenis ikan lain ya lebih baik," jawab Susi melalui akun Twitter miliknya.

Jadi sekarang sudah paham kan, kenapa sebaiknya kita mulai stop penangkapan dan konsumsi ikan kakatua?

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.