Bahaya! Infeksi Menular Seksual pada Ibu Hamil Ternyata Bisa Bikin Keguguran


 

Infeksi Menular Seksual (IMS) termasuk salah satu penyakit yang berbahaya, terutama jika terjadi pada ibu hamil. Penyakit itu bisa menyebabkan keguguran atau anak lahir secara prematur.    

Dokter Spesialis Penyakit Dalam, dr. Rohma Triana mengatakan infeksi menular seksual merupakan penyakit serius yang bisa menyebabkan kemunculan berbagai komplikasi pada ibu hamil.

“Proses penularan penyakit ini bisa terjadi akibat adanya aktivitas seksual melalui mulut, anus, penis maupun vagina,” ujar dr. Rohma dalam pernyataannya di acara webinar Ngobrol Asik Seri 5 Health Care With Procare ‘Infeksi Menular Seksual’, Rabu (11/11/2020).

Terlepas dari itu, jenis infeksi menular seksual yang terjadi pada ibu hamil umumnya ialah Gonore alias gonorrhoea yang terjadi akibat paparan bakteri Neisseria gonorrhoeae. Jika terjadi, ibu hamil akan mengalami keputihan berlebih hingga mengeluarkan bau tak sedap.

Ibu hamil (Unsplash)
Ibu hamil (Unsplash)

Tak hanya itu, ibu hamil yang mengalami gonore dan tidak ditangani dengan baik juga dapat mengalami keguguran, kelahiran prematur, kehamilan di luar kandungan dan gangguan kesuburan di masa mendatang.

“Bayi yang lahir dari ibu dengan gonore sangat berisiko untuk mengalami kebutaan, infeksi sendi dan infeksi darah. Semua kondisi tersebut sangat mungkin mengancam nyawa,” jelasnya.

Lebih lanjut, kata dia, jenis infeksi menular seksual lainnya yakni sifilis yang disebabkan oleh bakteri Treponema pallidum. Penyakit ini dapat dengan mudah menular pada calon bayi jika dialami oleh ibu hamil.

Infeksi sifilis pada janin dapat dimulai sejak usia kehamilan 14 minggu dan risiko semakin meningkat seiring bertambahnya usia kehamilan. Terjadinya kondisi ini membuat bayi berisiko tinggi untuk lahir secara prematur dan mengalami masalah organ tubuh.

Kemudian, jenis infeksi lainnya bakterial vaginosis adalah jenis infeksi vagina yang paling sering terjadi pada wanita yang sudah aktif secara seksual. Serta, herpes genitalis yang merupakan infeksi pada area genital ibu hamil yang disebabkan oleh virus Herpes simplex.

“Bila tak segera ditangani dampaknya akan sama persis yaitu akan merusak organ hingga kematian pada janin, maka dari itu lebih baik untuk menghindari dan segera obati jika mulai mengalami gejala infeksi menular seksual,” tutur dia.  

Sumber : Suara.com

 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.